Senin, 17 Desember 2018

Prosedur dan karakteristik Fender karet dermaga beserta perencanaannya

Saat ini fender karet banyak dugunakan pada pelabuhan, Rubber fender diproduksi dengan ukuran dan bentuk yang berbeda dimana bergantuntun pada fungsinya,Adapun karet fender dapat dibedakan menjadi dua tipe :
a.Fender yang dipasang pada struktur dermaga,yang masih dapat dibedakan menjadi tekuk (buckling fender) yaitu fender karet fender mengalami tekuk jika menerima gaya tekan,seperti Type V fender,Cell fender,A type.sedangkan non buckling atau tak tertekuk seperti type dari Ban bekas.
b,Rubber fender terapung yang ditempatkan antara kapal dan struktur dermaga ,seperti type pneumatic.
Perencanaan sistem fender didasarkan pada hukum kekekalan enegi.Energi benturan kapal dengan dermaga sebagian diserap oleh sistem fender sedang sisanya diserap oleh struktur dermaga.Struktur dermaga yang sagat kaku dianggap tidak menyerap energi benturan, adapun perencanaan rubber fender diberikan berikut ini :
1. Menentukan energi benturan kapal yang didasarkan pada kapal besar yang merapat didermaga.
2.Menentukan energi yang diserap oleh dermaga,dimana energi tersebut sama dengan setengah gaya reaksi fender  dikalikan dengan defleksinya.
3menentukan karet fender yang mampu menyerap energi yang sudah dihitung berdasarkan karakteristik rubber fender oleh produsennya.                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar